ASAL MULA NAMA SUBULUSSALAM

DARI NAMA SIMPANG EMPAT, BANDAR BARU, SAMPAI PADA NAMA SUBULUSSALAM
Oleh : Andong Maha SP.M.AP

    photo : 

Rundeng Berita - Ibu kota kecamatan Simpang Kiri pertama kalinya berada di Rundeng, pada masa dahulu salah satu transportasi yang sangat populer adalah lewat jalur air, sungai soraya yang melintasi Rundeng, Kuala kepeng, Gelombang bahkan sampai ke Kota Cane (Aceh Tenggara) merupakan salah satu jalur lewat air yang sangat ramai dilewati. Kendati sepeti itulah Rundeng merupakan ibukota dari kecamatan simpang kiri.
Dengan berjalannya waktu dan perkembangan jaman didukung dengan berbagai pemikiran yang maju dan moderen tentang masa depan kecamatan Simpang Kiri, maka kesepakatanpun tercapai melalui peroses musyawarah dengan semua lapisan masyarakat, bahwa ibukota kecamatan Simpang Kiri akan direlokasikan ketempat yang lebih nyaman dan strategis, maka Ibukota kecamatan simpang kiripun direncanakan pindah tempat ke Bustaniyah sekitar 6 km dari Rundeng. Di Bustaniyah tersebut akan dibangun pemukiman penduduk yang  tertata degan rapi serta direncanakan dibangun kantor Ass.Wedana.

Semua rencana tersebut tidaklah tercapai sesuai dengan kesepakatan, karena adanya pemberontakan PRRI didaerah Dairi Sumatra Utara, aksi pemberontakan tersebut berdampak langsung pada daerah Singkel dan khususnya Simpang kiri, bahkan masyarakat pernah menangkap anggota pemberontak PRRI tersebut didaerah Penanggalan dan Pasir belo, maka secara spontanitas masyarakat yang berasal dari desa Perongil (Kab.Dairi) hijrah ke kecamtan simpang kiri untuk melindungi diri dan keluarga dari aksi pemberontakan tersebut. Masyarakat yang bersal dari perongil tersebut bermukim didaerah Kombih, Belegen dan Penanggalan.

Rencana untuk melakukan pemindahan kecamatan simpang kiri kembali diusulkan kepada Bupati Aceh Selatan, agar ibukota kecamatan Simpang kiri beserta jajarannya dipindahkan ke Bustaniyah, namun Bupati Aceh Selatan melalui T.M Yunan, ( Bupati saat itu sedang ada tugas dibanda Aceh). menolak permohonan masyarakat tersebut,  dengan alasan bahwa di Bustaniyah tersebut rawan dari pemberontakan PRRI serta di Bustaniyah masih tergolong tempat yang jauh dari keramaian dan  belum terdapat banyak rumah penduduk.

Selang beberapa tahun kemudian maka Gubernur Prov.DI Aceh mengeluarkan surat untuk menunjuk kewedanan Singkil dijadikan daerah kerja Badan koordinasi Pembangunan Masyarakat Desa (BKPMD), maka Wedana Singkil menunjuk Simpang kiri sebagai daerah kerja BKPMD yang lokasinya berada di Simpang Empat (nama pertama Subulussalam) Karena lokasi tersebut sangatlah strategis yang langsung berbatasan dengan kemukiman Belegen dan kemukiman Penanggalan.

Pada awal tahun 1962 Bupati Aceh Selatan beserta Dandim 0107 Aceh selatan melakukan kunjungan kerja kedaerah Simpang kiri,  dalam kunjungan tersebut disempatkan melakukan musyawarah dengan semua unsur muspika dan masyarakat di Rundeng yang dihadiri oleh Wedana Singkil  dan kepala jawatan dalam wilayah simpang kiri yaitu dari Kantor Urusan Agama, Penerangan, Kehutanan dan balai Pengobatan serta dari Kepala mukim Binanga, Keucik dan pemuka masyarakat mereka membicarakan tentang  isu pemindahan kecamatan Simpang kiri ketempat yang lain.

Hasil dari musyawarah tersebut melahirkan kesepakatan yang sama bahwa kecamatan Simpang kiri akan dipindahkan ke tempat wilayah kerja Badan Koordinasi dan Pembangunan Masyarakat Desa (BKPMD) di Simpang Empat. Perpindahan kecamatan Rundeng ke Simpang Empat mendapat respon negatip dari masyarakat karena mereka menganggap Simpang Empat terlalu jauh dari Rundeng sehingga masyarakat kewalahan dalam melakukan urusan dengan Pemerintah,  padahal keinginan masyarakat tersebut bukan ke Simpang Empat tapi ke Bustaniyah.  namun walaupun demikian peroses pemindahan tetap berjalan lancar, aman dan damai.

Bangunan yang sudah ada di Bustaniyah  segera dipindahkan ke Simpang Empat untuk dijadikan kantor Ass.Wedana kecamatan Simpang kiri. kondisi bangunan tersebut sangatlah darurat, atapnya saja terbuat dari daun rumbia dan lantainya langsung bersentuhan dengan tanah tanpa ada sandaran sedikitpun, serta dindingnya terbuat dari papan dan kayu.

Keadaan darurat itu tidaklah berjalan lama,  Berselang beberapa waktu Bupati Aceh selatan memberikan bantuan semen dan seng untuk pembangunan kantor tersebut sekaligus bupati Aceh selatan mengubah nama Simpang Empat menjadi Bandar Baru. . Sampai pada saat inii sebagian kecil masyarakat kota Subulussalam masih tetap menyebut nama Subulussalam dengan sebutan Simpang empat, nama tersebut sudah melekat pada sebagian masyarakat khususnya yang sudah berusia tua.
Setelah simpang kiri pindah ke Simpang Empat dan Simpang Empat dirubah dengan nama Bandar Baru, maka pembangunanpun dimulai dengan mendirikan Sekolah Dasar Swasta dan diikuti dengan pembanguna Masjid Jamik.

Pada tanggal 13 september 1962 Gubernur Provinsi Daerah Istimewa Aceh dan rombongan tiba di kecamatan simpang kiri,  Gubernur dan rombongan menginap di Rundeng dan pada tanggal 14 september 1962, Gubernur D.I Aceh Prof. Ali Hasyimi yang merupakan ulama kharismatik Aceh melanjutkan perjalanannya ke Bandar baru,  kehadiran sang ulama sekaligus selaku  gubernur ini disambut dengan antusias oleh masyarakat. Setelah sambutan diberikan dan sosialisasi tentang perobahan dan penetapan nama Bandar baru tersebut sebagai  daerah kerja BKPMD, maka Gubernur Daerah Istimewa Aceh pun Bapak Prof.Ali Hasyimi meresmikan ibu kota kecamtan Simpang Kiri sekaligus memberikan nama yang baru dari Bandar Baru di robah menjadi Subulussalam.

Nama Subulussalam  diambil dari bahasa arab yang artinya “Jalan menuju kedamaian”. Dan setelah peresmian ibukota kecamatan Simpang Kiri yang baru tersebut maka Bapak Gubernur pun meletakkan batu pertama pembangunan masjid jamik yang berada dijalan Hamzah fansuri kota subulussalam.

Kesimpulan:
 Dari sejarah singkat diataslah dapatlah disimpulkan bahwa nama Subulussalam adalah sebuah nama yang diberikan oleh seorang ulama kharismatik yang menjabat sebagi Gubernur Daerah Istimewa Aceh yaitu Alm. Prof. Ali Hasyimi. Beliaulah yang menggantikan nama Bandar Baru menjadi nama yang sangat indah dan penuh dengan makna Subulussalam  yang artinya “Jalan Menuju Kedamaian”  
Dalam seminar hari jadi Subulussalam maka sangatlah tepat hari jadi Subulussalam ditetapkan pada  tanggal 14 september 1962 yang sesuai dengan tanggal nama itu diberikan oleh Bpk Prof.Ali Hasyimi dan dalam setiap tanggal 14 september akan dijadikan sebagai hari jadi Subulussalam yang akan diperingati setiap tahunnya.

Pengantian nama daerah tersebut berawal dari sebutan masyarakat Simpang Empat, kemudian Bupati Aceh Selatan pada awal tahun 1962 merubah Simpang Empat menjadi Bandar Baru dan yang terakhir pada tanggal 14 september 1962 Gubernur D.I Aceh Prof. Ali Hasyimi  Bandar Baru merubah menjadi Subulussalam dan sampai pada saat ini Subulussalam berubah status menjadi daerah otonom Pemerintah Kota (Pemko) Subulussalam.

Untuk saat ini Subulussalam sudahlah menjadi Daerah Otonom yang dilahirkan oleh Kabepaten Aceh Singkil dan jadilah dia menjadi Kota Madya Subulussalam yang mempunyai lima Kecamatan yaitu Kecamata Simpang Kiri, Sultan Daulat, Runding, Penanggalan dan Kecamatan Longkip. Khusu Nama Kecamatan Sultan  Daulat diambil dari nama seorang raja dan  pahlawan sewaktu penjajahan dahulu, dialah Sultan Daulat yang saat ini sudah dijadikan sebagai Pahlawan Daerah kota Subulussalam dan saat ini sedang diusulkan menjadi pahlawan nasional dikarenakan banyaknya kontribusinya terhadap kemerdekaan bangsa dan Negara Indonesia.

Ditulis Oleh : Unknown ~ Asli Kalak Kita Kampong

Heri Rundeng Terimakasih telah membaca artikel tentang ASAL MULA NAMA SUBULUSSALAM. Oleh Admin, Di diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, Tpi jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya Ok, Co.!!!

:: INDAHNYA SALING BERBAGI ::

4 Responses to "ASAL MULA NAMA SUBULUSSALAM"

  1. Selamat Datang Di Situs Poker Online WWW(dot)MediaQQ(dot)Net
    Ayo Bergabung Dengan Situs Poker Kami Yang Sangat Mudah Meraih Kemenangan
    Hanya dengan deposit sebesar 15 ribu sudah dapat memainkan permainanya loh..
    Situs Kami Juga Menyediakan Bonus Yang Besar :
    1. BONUS ROLLINGAN 0,3%
    2. BONUS CASH BACK MINGGUAN 0.2%
    3. BONUS REFFERAL 20%

    Disni Kami juga menyediakan beberapa jenis Bank :
    - BCA
    - Bank BRI
    - Bank BNI
    - Mandiri
    - Danamon

    Jika ada yang tidak di merngerti Bosku juga dapat menghubungi kami di :
    - BBM : 2BB85432
    - whatsap :+855962998582
    - skype : mediaqq
    - facebook: mediaqq
    - Instagram :mediaqqnet

    Kami Tunggu Kehadirannya Bosku Di Situs WWW(dot)MediaQQ(dot)Net

    ReplyDelete
  2. Yuk gabung segera di agen poker terbaik dan terpercaya ^_^ dan tidak ketinggalan juga loh banyak bonus di QQBendera.
    Nikmati berbagai keuntungan bermain di QQBendera !!!
    BONUS EXTRA TurnOver/Cashback 0.5% Setiap Minggu dibagikan pada Hari Rabu Dan Sabtu
    * Bonus Referral 20% Seumur Hidup!!
    * Minimal deposit/withdraw hanya "15.000"
    * Game bisa dimainkan via HP Android/Iphone IOS
    * Menyediakan 7 Game : Bandar Q - Bandar Poker - Adu Q - Domino QQ -Poker - Capsa Susun - Sakong (New)
    * Pelayanan CS 24/7 Untuk Melayani Member Deposit/WD Serta Keluhan-Keluhan Member lho.
    Info Lengkap Hubungi :
    🌐 Website : www*qqbendera*com / Link Alternatif : www*qqbendera*net
    📲 Pin BBM : D1CD3A22
    ☎️ Telepon/WA : +855.155.907.51
    📱 Instagram : QQBendera
    📣 Terima Kasih Salam QQBendera ♠♦♣♥

    ReplyDelete
  3. Saya mau berbagi cerita kepada teman-teman melalui media internet yang dulunya saya berkerja sebagai tukang ojek yang pendapatan tak seberapa untuk menapkai istri dan ke-2 anak saya, namu suatu hari saya merasa kebingungan karna anak saya kepingin lanjut sekolah dan ingin mencapai cita-cita nya,namun saya berbicara dalam hati apakah anak saya bisah melanjutkan sekolah dan mencapai cita-cita nya sedangkan penghasiln yang aku dapatkan tidak tertentu berapa sehari cuma cukup/paspsan untuk buat makan aja. Dan aku merasa sedih melihrt anak-anak saya yang selalu termenung dia takut kalau putus sekolah, namu suatu hari aku berusaha mencari pinjaman kepada orang namun tak satu pun orang yang mau membantuku karna aku tak punya apa-apa yang bisa diambil sebagai jaminan, aku merasa kebingungan dan aku pasrakan pada yang maha kuasah karna kalau memang sudah takdir dan kehendaknyan pasti anak saya sudah tidak bisah lanjut sekolah lagi, kami terima atas ketidak sanggupan saya sebagai orang tua yang tidak mampu membiayai sekolah anak saya. namu suatu hari aku mengantar seseorang kedesa sebrang di situlah aku mendengar cerita pada teman-teman kalau OM AGUS bisah membantu orang yang lagi kesusahan, namun saya dulunya tidak percaya dengan yang namanya peramal, tapi saya juga berpikir tidak ada salah aku mencoba, dan aku memikirkan anak saya yang penuh semangat ingin mencapai cita-cita nya, saya coba bergabung dan menjadi member OM AGUS dan saya menghubungi OM AGUS di nomor 085397766615 PIN BBM 2A870E79 meminta angka jitu/gaib hasil ritual OM,walau saya harus mencari pinjaman uang untuk membayar mahar supaya aku bisa mendapatkan angka gaibnya, alhamdulillah atas pemberian dan bantuan OM AGUS kami menang togel Rp.95 juta, atas keberasilan aku memenangkan togel semua hutang-hutang aku telah terlunasih. Termasuk uang pinjaman di koprasih, dan anak saya juga sudah bisah lanjut sekolah lagi mudah-mudahan bisah mencapai cita-cita yang selama ini dia impi-impikan dan sekarang kami sekeluarga mau berbagi kepada teman-teman semua jika anda mau merubah nasib seperti saya atau butuh angka jitu/gaib hasil ritual HUB OM AGUS di 085397766615 WHATSAPP+6282380387219 atau kunjungi di http://togelomtembusjitu.blogspot.co.id/ situs facebook klik https://web.facebook.com/togelomjitu dijamin 100% tembus dan saya sudah buktikan sendiri, bukan cuma pada saya tapi banyak orang yang berhasil melalui bantuan OM AGUS, jika anda yakin dengan adanya angka gaib silahkan buktikan. BY Evha Ermawanti/KENDARI

    ReplyDelete
  4. Poker | AduQ | BandarQ | DominoQ | Capsa Susun | Bandar Poker

    ____________________________________

    BONUS REFF 20% SEUMUR HIDUP

    BONUS TURN OVER PALING BESAR 0.5% !!

    Kelebihan Seniqq.com yang digemari masyarakat Indonesia:

    Minimal Depo, Hanya Rp. 20.000

    Jackpot hingga Jutaan rupiah

    Proses Depo dan WD SUPER CEPAT

    Bisa dimainkan di Android, Iphone dan Ipad

    Pelayanan CS 24 jam yang Ramah dan Profesional

    | BCA | Mandiri | BNI | BRI | Danamon |

    100% TANPA ROBOT Real Player vs Player

    Segera daftarkan diri anda sekarang juga ^^

    Klik Register

    goo.gl/yig6cA

    Untuk info selengkapnya silahkan hubungi kami di :

    pelayanan terbaik kami

    LIVECHAT
    a
    FACEBOOK : SENI QQ

    BBM : 561A1388

    YmaiL : csseniqq@yahoo.com

    Mari bergabung dengan kami SENI99

    Partner sejati untuk permainan kartu anda .^^.
    agenqq

    agen qq

    domino 99

    agen bandarq

    dominoqq

    agen domino

    domino qq

    bandarq

    aduq

    agen poker

    poker online

    ReplyDelete